fbpx
Manfaat Kebersihan - Biro Psikologi Empathy Surabaya

Manfaat Kebersihan bagi Kesehatan Mental

Selama ini banyak orang mengira bahwa kebersihan bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Padahal, kebersihan juga mempunyai manfaat untuk kesehatan mental kita, loh! Manfaat Kebersihan - Biro Psikologi Empathy Surabaya

Manfaat kebersihan bagi kesehatan mental

  1. Mengurangi emosi negatif yang sering muncul terkait stres dan kecemasan Ruangan yang tidak bersih dan rapi diasosiasikan dengan stres tinggi dan kecemasan.
  2. Meningkatkan mood kita Pernahkah kamu merasa lega setelah bersih-bersih dan merapikan ruangan? Hal itu merupakan salah satu manfaat yang dirasakan ketika lingkungan sekitar kita bersih dan rapi.
  3. Meningkatkan fokus, konsentrasi, dan produktivitas kita Terkadang kamu secara tidak sengaja memperhatikan benda-benda yang tidak pada tempatnya atau barang-barang tidak terpakai yang berserakan ketika sedang mengerjakan tugas. Hal ini tentu mengganggu fokus dan konsentrasi pekerjaan kamu, sehingga hal ini akan berdampak buruk pada produktivitasmu. Lingkungan yang rapi dan bersih bermanfaat untuk membuatmu tetap fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan tugas, kelelahan secara mental juga dapat dihindari dengan lingkungan yang bersih.
  4. Membuat kita lebih sehat secara fisik Meskipun mengetahui manfaat dari kebersihan lingkungan, masih banyak orang yang abai karena belum merasakan efek terhadap kesehatan fisiknya. Padahal, banyak sekali penyakit fisik yang juga ditimbulkan dari lingkungan yang kotor.

Tips Untuk Kamu

Beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk kebersihan lingunganmu antara lain:
  • Terapkan first in first out untuk barang-barangmu Artinya kamu perlu menghindari menumpuk barang-barang lama ketika kamu sudah memiliki barang baru dengan jenis yang sama. Hal ini agar space ruanganmu tidak penuh dan terasa sesak sehingga menghadirkan kesan stressfull.
  • Start small, alokasikan waktu sedikit tiap harinya untuk bersih-bersih Ketimbang menunggu satu bulan untuk membersihkan dan merapikan barang-barang di rumahmu, kamu akan merasa lelah karena harus meluangkan seharian penuh untuk memberesan semuanya. Diperlukan disiplin dengan mengalokasikan waktu untuk membersihkan dan membereskan lingkunganmu. Jika perlu, pasang alarm untuk bersih-bersih selama 15-30 menit tiap harinya.
  • Libatkan orang lain untuk kebiasaan barumu Terkadang kamu akan kehilangan motivasi jika melakukan semuanya sendirian, ajak orang lain di lingkunganmu untuk sama-sama membersihkan lingkungan agar kamu lebih semangat dan tidak kehilangan motivasi
  • Jika kamu sudah melakukan semuanya, tapi tetap sulit untuk konsisten menerapkan kebersihan….. Ingat kembali motivasi awalmu dalam membersihkan lingkunganmu, mulai lagi dengan hal-hal yang kecil untuk membereskan lingkungan, misal rutin membereskan tempat tidur atau mencuci piring yang hanya butuh waktu sekitar 5 menit perhari, tingkatkan kuantitasnya jika kamu mulai terbiasa.
Nah, sudah tau kan apa saja manfaat kebersihan lingkungan untuk kesehatan mental dan juga cara untuk menjadi pribadi yang konsisten menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan? Jika kamu mau baca artikel psikologi lainnya, kamu bisa ke sini ya! Terima kasih sudah meluangkan waktumu untuk membaca artikel kami ya!   Penulis: Tim Empathy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *